15 khasiat sirih merah

doamustajab2.com  kali ini membahas sesuatu yang memang tidak ada sangkut pautnya dengan doa namun karena aya rasa hal ini bisa bermanfaat bagi anda maka saya coba menuliskan hal ini yaitu 15 manfaat sirih merah.

15 khasiat sirih merahSirih merah adalah tumbuhan yang merambat dan hampir mirip dengan tanaman sirih biasa, yang membedakanya hanyalah pada warna daunya.

Sirih merah banyak ditanam sebagai tanaman hias maupun untuk digunakan sebagai tanaman obat.

Tanaman sirih merah masih memiliki kerabat dengan tanaman lada. Nama latin dari tanaman ini adalah Piper Ornatum.

Sirih merah atau Piper crocatum memiliki banyak manfaatnya.Selain menyembuhkan berbagai gangguan penyakit, manfaat daun sirih merah juga digunakan dalam acara-acara keraton dan digunakan para putri untuk menghaluskan kulit

Dalam dunia kesehatan, sirih merah dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan kesehatan,

misalnya diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi, memperhalus kulit, dan masih banyak lagi.

Di beberapa balai pengobatan tradisional dan kalangan ibu rumah tangga sirih merah dimanfaatkan untuk mengobati dan mengurangi keputihan.

Sedangkan, dalam dunia pengobatan modern khususnya produsen obat-obatan, sirih merah dimanfaatkan sebagi bahan dasar pembuatan kapsul ekstrak sirih merah.

.Seiring dengan penelitian yang dilakukan terhadap sirih merah ini, ditemukan bahwa sirih merah mengandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda.

Senyawa flavoid dan polifenol sendiri berguna sebagai antioksidan, antiflamasi, dan antidiabetic.Sementara itu, senyawa alkaloid sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kangker.

Rebusan daun sirih merah yang diberikan pada tikus putih yang terkena diabetes juga ternyata mampu menurunkan kadar gulanya.

Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa sirih merah dapat digunakan sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes mellitus.

Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah memiliki manfaat sebagai desinfektan dan antijamur, Sangat baik jika digunakan sebagai obat kumur dan obat keputihan.

Selain itu, kandungan senyawa eugenol dalam sirih merah berfungsi analgesic atau pereda nyeri.Kandungan senyawa tannin berfungsi sebagai penyembuh diare dan antiseptik pada luka.

Meramu sirih merah dapat dilakukan oleh dua cara, dalam keadaan segar dan dikringkan. Sirih merah juga dapat digunakan sebagai ramuan tunggal maupun digambungkan dengan jenis herbal lain.

15 khasiat sirih merah

Banyak sekali manfaat dari tanaman ini,karena keterbatasan saya maka saya hanya mencantumkan beberapa manfaat yang bisa di ambil dari tanaman sirih merah ini

1. Mengobati Mimisan

Jika anda sering mengalami mimisan atau terjadi pendarahan pada hidung, anda dapat menghentikannya dengan menggunakan daun sirih.

Caranya dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian lumatkan, gulung sambil ditekan hingga keluar minyaknya.Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung hingga tidak keluar darah lagi.

2. Mengobati gigi berlubang

Jika anda megalami sakit gigi karena gigi berlubang, segera ambil satu lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air hingga mendidih.Air rebusan daun sirih tersebut digunakan untuk berkumur.Lakukan erulang-ulang hingga sembuh.

3. Mengobati Kanker

Daun sirih dapat bermanfaat untuk mengobati kanker, anda dapat menggunakannya untuk mengobatinya dengan cara mengambil beberapa lembar daun sirih,

kemudian rebus hingga airnya berkurang hingga 1/4 bagian, lalu ambil air hasil rebusan daun sirih tersebut, campurkan dengan madu. Minumlaj 3 kali sehari pada saat masih dalam keadaan hangat.

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Daun sirih bersifat diuretik yang bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil.

Jika anda mengalami penyakit susah buang air kecil, anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk melancarkannya dengan membuat jus daun sirih.

Caranya adalah dengan mencampurkan jus daun sirih dengan madu dan susu, kemudian diminum selama 1 minggu sekali.

5. Mengobati Koreng atau gatal-gatal

Salah satu manfaat daun sirih yaitu dapat mengobati koreng serta gatal-gatal yang disebabkan oleh kuman dan jamur.

Anda dapat mengobatinya hanya dengan merebus daun sirih, kemduian air rebusan tersebut digunakan untuk mandi atau bisa juga dengan membasuh kulit yang tekena gatal saja.

Caranya dengan mengambil 15 hingga 20 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih dan rebus.Sebisa mungkin gunakan air rebusan daun sirih dalam keadaan masih hangat.

6. Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang mempunyai permasalahan dengan jerawat dan segera ingin menghilangkannya, percayakan pada khasiat daun sirih.

Anda dapat menggunakan daun sirih dengan cara mengambil 8 hingga 10 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih, remas atau ditumbuk kasar, kemudian seduh dengan air panas dan gunakan air tersebut untuk membasuh luka. Lakukanlah cara ini hingga 2 atau 3 kali sehari.

7. Menghilangkan Bau Badan

Anda mempunyai permasalahan dengan bau badan, dan ingin menghilangkannya secara alami.

Anda dapat mencobanya dengan menggunakan daun sirih untuk menghilangkannya, karena khasiat daun sirih mampu mengatasi bau badan.

Caranya ambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air.Tunggu hingga tersisa hingga 1 gelas saja.Kemudian minumlah pada siang hari. Lakukan cara ini hingga bau badan hilang.

8. Khasiat Daun Sirih dapat Mengobati Bisul

Jika anda sedang terkena bisul, maka anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobatinya.

Caranya sangat mudah, hanya dengan menumbuk daun sirih tua secukupnya, lalu bubuhkan ke area yang terkena bisul.Agar daun sirih tidaj lepas, sebaiknya balut menggunakan kain.

9. Mengobati batuk

Daun sirih mampu mengobati batuk, caranya sangat mudah sediakan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas dan madu secukupnya.

Daun sirih diiris-iris, kemudian direbus bersama daun bidara upas dalam 2 gelas air hingga mendidih.Setelah dingin, tambah madu secukupnya, kemudian ramuan tersebut dibuat untuk berkumur.

Usahakan untuk menjangkau daerah kerongkongan.

10. Mengurangi produksi ASI

Produksi ASI yang berlebihan tentu tidak bagus dan mubazir.Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun sirih.

Caranya mudah, ambil 4 lembar daun sirih dan olesi dengan minyak kelapa.Setelah itu panggang diatas api, jangan sampai hangus terbakar.

Dalam keadaan masih hangat, daun sirih tersebut ditempelkan di sekitar payudara.

11. Penyakit jantung

Sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih.

Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

12. Mengobati Penyakit Sfilis

Manfaat daun sirih mampu mengobati penyakit sfilis, caranya mudah siapkan 25-30 lembar daun sirih bersama tangkainya, 1/4 kg gula aren dan garam dapur secukupnya.

Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring.Ramuan tersebut diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.

13. Bronkhitis

Sediakan 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.Daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, dan disaring.Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari 3 sendok makan.

14. Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat anda bolak-balik ke kamar mandi, jika anda mengalami diare anda dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun sirih

dengan cara mengambil 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Kemudian tumbuk ketiga bahan tersebut hingga lembut, kemudian gosokkan pada perut penderita diare.

15. Mengobati gusi berdarah

Jika anda mengalami pendarahan pada gusi, manfaat daun sirih solusi alaminya, obati saja dengan daun sirih.

Caranya, ambil 4 lembar daun sirih kemudian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih.Setelah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur.Lakukan berulang-ulang hingga sembuh…wallahu a’lam

Semoga bermanfaat

Wasalam

Fathul ahadi

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS