Benda Benda Pusaka Bertuah

benda benda pusaka bertuahDoamustajab2.com-Indonesia merupakan gudangnya benda benda pusaka baik itu dalam bentuk senjata maupun perkakas peralatan rumah tangga seperti peralatan makan dan lain lain.

Hal ini bisa dilihat dari banyakmya suku yang ada di indonesia,satu saja benda pusaka yang di miliki oleh masing masing suku maka bisa di bayangkan berapa ribu benda benda pusaka tersebut.

Karena itulah kami Cuma menuliskan beberapa diantaranya yang paling banyak di cari orang karena ( kabarnya )harganya yang selangit.ada baiknya untuk memudahkan nya akan coba kami kelompokkan sesuai dengan tujuan si pembeli atau orang yang mencarinya.

Untuk koleksi benda benda pusaka

Pedang Samurai

Sebenarnya samurai bukanlan termasuk benda benda pusaka asli peninggalan leluhur kita tapi merupakan peninggalan dari sejata tentara tentara jepang yang pernah menjajah indonesia,karena kabarnya sangat mahal maka samurai ini merupakan salah satu benda benda pusaka yang banyak di cari orang.

Kata samurai sendiri sebenarnya bukanlah senjata tetapi orangnya, Samurai adalah perwira militer kelas elit pada masa praindustri di Jepang. Samurai bekerja untuk majikan atau tuan tanah yang disebut daimyo, sedangkan samurai yang tak memiliki majikan disebut ronin. Samurai memilki seperangkat aturan atau kode etik yang disebut bushido.
Namun kita tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan pendapat di sini,jadi biarlah kita sebut saja samurai.

Pedang samurai ini harganya “katanya” milyaran sampai triliyun ,sehingga banyak di buru dan akhirnya melahirkan samurai samurai “palsu” ,karena di buat pedangnya pada jaman modern ini.

Ada beberapa jenis pedang samurai :

1.Nagamaki

Dinamakan Nagamaki karena gagang atau pegengan pedang ini dibungkus dengan kulit atau sutra yang saling silang. Pedang Nagamaki ini adalah evolusi dari nodachi atau odachi yaitu salah satu pedang khas jepang dari abad ke 14.

Nagamaki adalah jenis pedang Samurai yang memiliki gagang dan mata pedang hampir sama panjangnya, dimana panjangnya bisa mencapai 2 meter dan biasanya digunakan untuk serangan mendadak.

2. Katana

Pedang Katana mempunyai cara peletakan yang sedikit berbeda dengan pedang Samurai lainnya, yaitu mata pedangnya mengarah keatas yang bertujuan untuk memudahkan para Samurai melakukan aktivitas seperti sumpah darah.

Katana adalah jenis pedang Samurai paling terkenal di dunia, dimana pedang ini digunakan untuk memotong lawan dengan cepat. Di jaman Jepang dulu, pedang ini dibawa oleh para Samurai untuk menunjukan status sosialnya.

3. Nodachi atau Odachi

Nodachi atau Odachi merupakan jenis pedang yang sangat panjang, dimana pedang ini biasanya digunakan untuk membelah pasukan berkuda dan pedang ini tidak cocok untuk pertempuran jarak dekat karena terlalu panjang.

Pedang ini termasuk salah satu pedang yang sulit untuk dibuat karena dalam pembuatannya memerlukan teknik khusus. Karena hal itulah, jenis pedang Nodachi atau Odachi termasuk pedang yang langka.

4. Ninjato

Selain tidak melengkung, karakteristik lainnya, yaitu pedang Ninjato cenderung lebih pendek yang membuat para Ninja bisa bergerak dengan bebas dan cepat dalam mengunakan pedang Ninjato, selain itu pedang ini juga bisa disembunyikan dalam baju.

Berbeda dengan pedang Katana yang sering dipakai oleh para Samurai, pedang Ninjato biasanya digunakan oleh para Ninja (Shinobi). Perbedaan paling umum diantara kedua pedang tersebut terletak pada sesainnya, dimana pedang Ninjato tidak melengkung seperti pedang Katana.

5. Wakizashi

Wakizashi adalah pedang Samurai khas Jepang dengan panjang bilah pedang antara 30 -60 cm. Pedang Wakizashi ini sangat mirip dengan pedang Katana, tapi pedang Wakizashi lebih pendek dibanding pedang Katana.

Di jaman Jepang dulu, para Samurai akan meninggalkan pedangnya kepada pengawalnya bila memasuki istana atau bangunan suci lainnya, tapi pedang Wakizashi akan selalu dibawa bahkan saat Samurai tidur pun pedang ini selalu ada disampingnya.

Biasanya, pedang ini digunakan oleh Samurai sebagai pedang cadangan, tapi keunggulannya, pedang Wakizashi bisa memotong sasaran lebih akurat dibanding pedang Katana.

itulah beberapa jenis pedang Samurai. Banyak orang menganggap pedang Samurai merupakan pedang indah yang dibuat dengan ketajaman yang dipadukan dengan keindahan

Senjata Keris

Sejarah Asal keris yang kita kenal saat ini masih belum terjelaskan betul. Relief candi di Jawa lebih banyak menunjukkan ksatria-ksatria dengan senjata yang lebih banyak unsur Indianya. Keris Budha dan pengaruh India-Tiongkok Kerajaan-kerajaan awal Indonesia sangat terpengaruh oleh budaya Budha dan Hindu.

Candi di Jawa tengah adalah sumber utama mengenai budaya zaman tersebut. Yang mengejutkan adalah sedikitnya penggunaan keris atau sesuatu yang serupa dengannya. Relief di Borobudur tidak menunjukkan pisau belati yang mirip dengan keris.

Dari penemuan arkeologis banyak ahli yang setuju bahwa proto-keris berbentuk pisau lurus dengan bilah tebal dan lebar. Salah satu keris tipe ini adalah keris milik keluarga Knaud, didapat dari Sultan Paku Alam V. Keris ini relief di permukaannya yang berisi epik Ramayana dan terdapat tahun Jawa 1264 (1342Masehi), meski ada yang meragukan penanggalannya.

Pengaruh kebudayaan Tiongkok mungkin masuk melalui kebudayaan Dongson (Vietnam) yang merupakan penghubung antara kebudayaan Tiongkok dan dunia Melayu. Terdapat keris sajen yang memiliki bentuk gagang manusia sama dengan belati Dongson.

Terutama di daerah jawa ,maka senjata keris merupakan sebuah pusaka yang di kenal oleh semua kalangan ,ada mungkin ratusan bahkan ribuan macam bentuk dan namanya

Karena itu saya hanya mencoba menuliskan keris keris yang melegenda ,diantaranya :

1.Keris Pusaka Mpu Gandring.

Keris empu Gandring adalah Benda Pusaka yang sangat terkenal dalam riwayat berdirinya kerajaan singasari di Malang, Keris ganas yang sudah terkenal memakan korban para pendiri kerajaan, pembuat, bahkan pemakainya yaitu Ken Arok.
Singkat Cerita, Keris yang Melegenda ini di buat oleh empu yang sangat sakti bernama Empu Gnadring, yang kemudian dimintakan membuat sebuh keris sangat sakti oleh ken Arok.

Setelah selesai menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris-keris pusaka masa itu. Mpu Gandring menyelesaikan pekerjaannya membuat sarung keris tersebut.

Namun belum lagi sarung tersebut selesai dibuat, Ken Arok datang mengambil keris tersebut yang menurutnya sudah satu hari dan harus diambil. Kemudian Ken Arok menguji Keris tersebut dan terakhir Keris tersebut ditusukkannya pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji (karena sarung keris itu belum selesai dibuat)

selebihnya bahkan dikatakan untuk menguji kemampuan keris tersebut melawan kekuatan supranatural si pembuat keris (yang justru disimpan dalam keris itu untuk menambah kemampuannya).

Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan sumpah kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Sampai sekarang keris mpu gandring ini belum ditemukan lagi oleh siapapun.

2.Keris Kyai Sengkelat (Brawijaya Ke V).

Keris Sengkelat adalah keris pusaka luk tiga belas yang diciptakan pada jaman Majapahit (1466 – 1478), yaitu pada masa pemerintahan Prabu Kertabhumi (Brawijaya V) karya Mpu Supa Mandagri. Mpu Supa adalah salah satu santri Sunan Ampel.

Konon bahan untuk membuat keris Sengkelat adalah cis, sebuah besi runcing untuk menggiring onta. Konon, besi itu didapat Sunan Ampel ketika sedang bermunajat. Ketika ditanya besi itu berasal darimana, dijawab lah bahwa besi itu milik Muhammad Saw. Maka diberikan lah besi itu kepada Mpu Supa untuk dibuat menjadi sebilah pedang.

Namun sang mpu merasa sayang jika besi tosan aji ini dijadikan pedang, maka dibuatlah menjadi sebilah keris luk tiga belas dan diberi nama keris Sengkelat. Setelah selesai, diserahkannya kepada Sunan Ampel. Sang Sunan menjadi kecewa karena tidak sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Maka oleh Sunan Ampel disarankan agar keris Sengkelat diserahkan kepada Prabu Brawijaya V.

3. Keris Pusaka Setan Kober.

Keris pusaka setan kober ini sangat ampuh sekali, tapi membawa hawa perbawa panas, sehingga sering membuat si pemakainya mudah marah, begitu juga dengan arya penangsang yang mudah emosi akibat pembawaan keris ini.

keris inilah yang di gunakan arya penangsang untuk bertanding melawan sutawijaya yang memiliki tombak kyai pleret. Sampai detik ini, keris ini juga tidak di ketahui asli keberadaan nya, sama halnya dengan pusaka lain seperti mpu gandring, demikian juga pamor dan dapur asli ciri setan kober tidak diketahui asli dan model nya,

alasan ini mungkin menjadi kuat karena keris ini memakan banyak sekali korban petinggi penting, jadi para empu mungkin tidak membuat mirip asli nya karena di yakini membawa sial atau bala sebab telah di anggap haus darah.

Keris setan kober ini dalam sejarah dibuat oleh mpu supo mandagri, beliau adalah keturunan seorang empu dari tuban.
Dalam riwayat, Mpu supo memeluk islam dan berguru kepada sunan Ampel, sambil tetap membuat keris, Supo Mandagri adalah mpu sakti yang menjadikan karya nya begitu sangat terkenal antara lain Keris Kyai Sengkelat,dan Keris Kyai Nogo sosro dan setan kober ini sendiri,

keris ini dulu bernama “Bronggot Setan Kober” di buat pada awal kerajaan islam demak Bintaro,kemudian keris ini di serahkan kepada Syekh Jafar Soddiq atau Sunan Kudus dalam perjalananya kemudian di berikan lagi kepada Arya penangsang.

4. Keris Pusaka Naga Sasra Sabuk Inten.

Keris Pusaka Nagasasra dan Sabuk Inten adalah dua benda pusaka berbeda peninggalan Raja Majapahit. Nagasasra adalah nama salah satu dapur keris luk tiga belas dan ada pula yang luk-nya berjumlah sembilan dan sebelas, sehingga penyebutan nama dapur ini harus disertai dengan menyatakan jumlah luk-nya agar tidak salah.

Pada keris dapur Nagasasra yang bagus, sebagian banyak bilahnya diberi kinatah emas, dan pembuatan kinatah emas semacam ini telah dirancang oleh sang empu sejak awal pembuatan. Pada tahap penyelesaian akhir, sang empu sudah membuat bentuk kinatah sesuai rancangan.

Bagian-bagian yang kelak akan dipasang emas diberi alur khusus Berupa pamor, untuk “tempat pemasangan kedudukan emas” dan setelah penyelesaian wilah selesai, maka dilanjutkan dengan penempelan emas oleh pandai emas dari dalam kerajaan.

Salah satu pembuat keris dengan dapur Nagasasra terbaik, adalah karya empu Ki Nom, merupakan seorang empu yang terkenal, dan hidup pada akhir zaman kerajaan Majapahit.

5. Keris Pusaka Kyai Condong Campur

Condong Campur adalah salah satu keris pusaka milik Kerajaan Majapahit yang banyak disebut dalam legenda dan folklor. Keris ini dikenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur. Keris ini merupakan salah satu dapur keris lurus.

Panjang bilahnya sedang dengan kembang kacang, satu lambe gajah, satu sogokan di depan dan ukuran panjangnya sampai ujung bilah, sogokan belakang tidak ada. Selain itu, keris ini juga menggunakan gusen dan lis-lis-an. Condong Campur merupakan suatu perlambang keinginan untuk menyatukan perbedaan.

Condong berarti miring yang mengarah ke suatu titik, yang berarti keberpihakan atau keinginan. Sedangkan campur berarti menjadi satu atau perpaduan. Dengan demikian, Condong Campur adalah keinginan untuk menyatukan suatu keadaan tertentu.

Konon keris pusaka ini dibuat beramai-ramai oleh seratus orang mpu. Bahan kerisnya diambil dari berbagai tempat. Dan akhirnya keris ini menjadi keris pusaka yang sangat ampuh tetapi memiliki watak yang jahat.

Benda benda pusaka untuk kesaktian dan kekebalan

Di samping senjata senjata pusaka maka nusantara sangat kaya juga dengan benda benda pusaka yang bisa di gunakan untuk kesaktian dan kekebalan,tidaklah mengherankan tentang adanya benda benda tersebut karena 350 tahun kita di jajah,di mana kekerasan dan kesaktian sangat di butuhkan bagi orang orang yang menjadi tokoh dalam masyarakatnya.

Karena saking banyaknya maka kami juga hanya mencoba menuliskan beberapa benda benda pusaka yang kami ketahui saja ,antara lain:

1.Benda Pusaka Besi Kuning

Ada beberapa pendapat tentang asal usul besi kuning ini,yang paling populer adalah berasal atau di dapat di dalam sarang tawon besar. Wesi kuning ini memiliki manfaat yang bermacam-macam mulai dari penglaris dagang, kewibawaan dan kekebalan.

Mungkin ada perbedaan pendapat tentang bentuk benda pusaka besi kuning yang asli ( bukan sekedar isian ),ada yang mengatakan seperti kepompong besarnya ,ada juga yang mengatakan sebesar biji beras.

Ada beberapa kegunaan benda pusaka besi kuning ini jika di tinjau dari segi gaib ,antara lain :

1. Anti jin dari manapun

Wesi kuning memang di pakai untuk menangkal seseorang dari gangguan jin dan setan. Mereka yang masih percaya adanya kekuatan santet, lebih memilih untuk menggunakan wesi kuning sebagai hal penangkal.

2. Segala tujuan dan urusan di mudahkan

Mereka menganggap dengan memiliki wesi kuning akan memiliki tujuan dan urusan duniawi lebih mudah. Sebab hal tersebut mampu menangkis pengaruh buruk dari gaib. Jalan mudah adalah takdir anda untuk menjadi orang sukses yakni kesungguhan dan kerja keras.

3. tahan dengan senjata tajam dan api

Besi kuning dipercaya bahwa dengan menjaga dan melindungi wesi kuning bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Mereka menganggap senjata tajam akan lunak dan menjadi tumpul saat memotong atau melukai seseorang dengan manfaat wesi kuning.

2. Samban Dan Rantai Babi

adalah benda pusaka alam yang terdapat dari raja babi hutan yang berumur ratusan tahun benda pusaka ini sangatlangka dan menjadi mitos sehingga banyak di buru oleh para kolektor,benda pusaka ini banyak mempunyai kegunaan dan kemampuhan sebagai berikut:

Dilempar ke kaca tembus seperti tidak ada penghalang, dilempar kelantai berbunyi seperti uang logam(tring), melar(elastis)bila di tarik,bisa dijadikan gelang, ikat pinggang, bila dikasih makanan gabah bulu hidup merinding, dimasukan ke botol berjalan kebawah dan keatas, kunci kekuataan bila dijadikan ikat pinggang pemakai menjadi kebal akan senjata tajamtahan cukur,dan bacokan golok.

Pemiliknya akan memiliki kekuatan, kekebalan sampai tidak putus rambut bagi pemiliknya bila dipotong dengan gunting atau silet, serta kekebalan dari segala macam jenis senjata tajam, maupun senjata tumpul, kekebalan terhadap peluru.
Dengan media rantai babi ini bisa masuk kealam goib untuk berbagai macam keperluan di alam goib tersebut misalnya mencari dana gaib,dan keperluan lainnya, dll.

Ritual dengan media pusaka seperti mustika rantai babi ini tidak memakan biaya besar asalkan barangnya asli dan bisa diajak bekerja, tetapi kebanyakkan pemilik mustika rantai babi ini tidak pernah tau benda tsb bisa di ritualkan seperti untuk manfaat yang di atas, yang artinya tau barang tetapi tak pernah tau isi dan kegunaannya barang tersebut.

Dan adapun sisi negatif atau kejelekan bagi pemakainya bisa mengakibatkan penyakit seperti penyakit pada kulit, gatal–gatal, seperti kudis dan kurap yang tidak bisa di obati, dll.

Benda Benda Pusaka untuk pengasihan dan penunduk

Seperti halnya benda benda pusaka lainnya,maka benda pusaka yang bertujuan untuk pengasihan dan penunduk pasangan inipun sangat banyak macamnya,baik itu berupa minyak pusaka maupun benda keramat yang punya kemampuan tersebut.

1.Tambang Liring

tambang liring ini tidak bisa sembarangan orang dapat membuatnya. Hanya orang-orang tertentu dalam hal ini para dalang Banjar yang telah mengetahui cara-cara dan rahasia dari tambang liring ini lah yang mampu untuk membuatnya.

Kekuatan dari pelet tambang liring ini mampu membuat siapa saja merasakan rindu yang sangat mendalam hingga tergila-gila, menjadikan orang terpukau dan terpesona, mempunyai kekuatan magis yang dapat difungsikan untuk timbulnya rasa kasih sayang orang lain pada pemilik tambang liring ini. Bahkan cukup dengan terkena bayangan nya saja maka khasiat dari pelet tambang liring ini akan segera bekerja.

Secara umum dalam masyarakat Banjar dikenal dua versi tambang liring, yaitu versi tambang liring putih dan juga versi tambang liring hitam. Tidak ada perbedaan khasiat atau kekuatan diantara dua versi tambang liring ini, hanya yang membedakan adalah dalam proses pembuatan dan sarana pembuatnya saja.

Jika rajah tambang liring versi hitam dibuat dari darah orang yang telah mati terbunuh, maka beda dengan versi tambang liring putih. Tambang liring putih dibuat dengan campuran pewarna-pewarna alami dan juga hanya jika diperlukan menggunakan darah ayam sebagai gantinya. Selain itu pembuatan tambang liring putih juga dibuat dengan cara-cara yang memenuhi syariat keagaaman.

2. keris semar mesem

Keris semar mesem adalah sebuah keris yang berwujud aneh karena berukuran pendek dan tidak memiliki ketajaman seperti halnya keris pada umumnya. Sesuai dengan namanya, keris semar mesem berbentuk menyerupai tokoh semar dalam pewayangan babad Jawa.

Tak diketahui bagaimana dan sejak kapan asal-usulnya, yang jelas saat ini, keris semar mesem sudah akrab dengan dunia mitologi masyarakat Indonesia.

Khasiat keris semar mesem yang paling populer di kalangan masyarakat kita adalah sebagai sarana pelet. Bagi mereka yang cintanya bertepuk sebelah tangan, khasiat ini tentu akan sangat membantu. Secara spiritual, seseorang bisa dibalik hatinya dari yang awalnya acuh menjadi penuh perhatian, dari yang awalnya biasa menjadi jatuh cinta.

Untuk merasakan khasiat ini, seseorang perlu melakukan tirakat untuk mengaktifkan kekuatan gaib dari keris semar mesem yang dimiliki.

3. jenis jenis minyak pusaka untuk pengasihan dan penunduk

Ada banyak jenis minyak ini sesuai dengan daerah masing masing,antara lain ,minyak cinta mani,minyak kukang,minyak bulu perindu,minyak rindu menangis,minyak keruang bulik,minyak kerbau jalang ,minyak buang anak dan banyak lagi yang lainnya..

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang benda benda pusaka yang banyak di cari orang,semoga ini bisa menambah wawasan kita bersama..

Wasalam

Fathul ahadi