Doa dan Amalan Penenang Hati

amalan dan doa penenang hatiDoamustajab2.com-Dalam diri manusia ada segumpal daging yang kalau itu baik maka akan baik seluruh dirinya dan kalau itu rusak maka rusaklah seluruh dirinya,,dia adalah HATI.

Hati adalah lentera yang terang bagi pemiliknya .cahayanya mudah redup ketika kita merasakan kegelisahan yang menjelma dan telah merasuki serta mengelabuhi hati kita ,

Seorang manusia terkadang akan merasakan sesuatu kegelisahan serta hati yang tidak tenang pada saat menghadapi sebuah cobaan hidup.

Akan tetapi kita sebagai umat yang beriman dan bertaqwa hendaknya harus mampu menhadapi segala masalah dengan hati yang tenang dan tetap istiqomah.

Hal itu dapat kita dapatkan dengan kita melakukan dzikir dan do’a kepada Allah, agar ketenangan hati kita dapatkan dan jalan keluarnyapun akan segera diberikan oleh Allah.

jangan biarkan cahaya hati semakin meredup berilah hati sarapan yang cukup karena sesungguhnya bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan tapi hati juga butuh akan hal-hal yang membangkitkan kebaikan di dalamnya. caranya hindarkan diri dari hal yang dapat memunculkan penyakit hati seperti iri serta sombong.

Beberapa Hal Yang Membantu Mejaga Ketenangan Hati

Persoalan hidup dan masalah akan selalu datang menghiasi pada setaiap sisi kehidupan umat manusia. Baik itu besar maupun kecil, sebuah masalah yang menghampri kehidupan seorang umat manusia harus mampu disikapi dan diatasi dengan sikap kepasrahan dan tawakal kepada Allah.

Karena pada hakekatnya masalah serta persoalan yang ada hanyalah karena kehendak dari Allah. Allah selalu memberi cobaan dalam bentuk apapun, telah disertai pula dengan berbagai jalan keluar.

Iman dan kekuatan zikir bisa menjadi stabilisator jiwa, sehingga seseorang selalu diliputi ketenangan dan ketenteraman. Seorang mukmin tidak akan gembira berlebihan, atau hanyut dalam duka berkepanjangan.

Seperti sabda Rasulullah SAW: “Sungguh ajaib orang yang beriman. Bila diberi karunia ia bersyukur dan itu baik untuknya. Bila diberi musibah ia bersabar dan itu baik untuknya”.

Karena itu ketenangan hati sangat di perlukan dalam menyikapi semua persoalan hidup,dan ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk membantu hati kita tetap tenang dalam menyikapi semua masalah yang datang,antara lain :

1. Awali semua kegiatan anda dengan Basmalah ..

Kita awali kegiatan kita hari ini, saat melangkahkan kaki ke luar rumah, dengan membaca “Bismillahi tawwakaltu ‘ala Allahi, la haula wala quwwata ilaabillah”. Dengan menyebut asma Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya upaya dan kekuatan apapun kecuali dari Allah.

Di setiap kita memulai kegiatan, kita awali dengan membaca basmalah: bismillahi ar rahman ar rahim. Menurut Quraish Shihab, seraya membaca basmalah, kita menyadari sepenuhnya bahwa kita tidak dapat melakukan sesuatu kecuali atas izin dan pertolongan-Nya, dan kita melakukan segalanya semata karena Allah.

2. Akhiri juga dengan Hamdalah …

Kita syukuri sekecil apapun hasil yang kita capai, dengan mengucap puji kepada Allah. Ini akan membersihkan hati kita dari penyakit takabur dan sombong.

3. Berdoalah sebelum tidur..

Menjelang Tidur ..
Kita akhiri hari ini dengan menuju peraduan, beristirahat tidur. Sebelum mata terlelap, kita muhasabah, introspeksi, menghitung apa yang telah kita lakukan hari ini. Jangan-jangan kita menumpuk lagi dosa sepanjang hari ini. Untuk itu kita beristighfar, lalu membaca doa tidur.

Mungkin hal hal di atas kita anggap sepele sehingga sering di lupakan ,namun yakinlah kalau kita mengamalkan hal tersebut secara rutin maka ketenangan batin kita akan terjaga dengan baik..

Amalan Khusus untuk menjaga ketenangan batin

Pada kesempatan ini saya mencoba berbagi tentang sebuah amalan yang di lakukan setelah shalat subuh yang berfungsi untuk menambah ketenangan batin sekaligus rasa syukur dan sabar atas karunia dan ujian dari Allah.

1.Amaliah ini merupakan amaliah wirid,artinya rutin di lakukan dan tidak ada batas akhir amaliah,walaupun tidak harus berturut turut.

2.Amaliah ini di lakukan setelah wirid rutin selesai shalat subuh.

3.Baca :

al-fajr-surah-89-ayat-27-hingga-30

– yaa ayyatuhaa alnnafsulmuthma-innah
– irji’ii ilaa rabbiki raadiyatamardhiyyah
– fadkhulii fii ‘ibaadii wadkhulii jannatii

4.Di baca sebanyak 7x.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga hal ini bisa bermanfaat bagi kita semua..aamiin..

Wasalam

Fathul ahadi