Khasiat doa rasul

doa rasulDoa mustajab kali membahas tentang sebuah doa yang mempunyai fungsi luas yaitu doa rasul yang di baca di saat antara dua khotbah

Dalil bahwsanya shalat Jum’at memiliki dua khutbah ditunjukkan dari perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri. Beliau berkhutbah dua kali di mimbar dan memisahkan dengan duduk yang singkat. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu berkhutbah dua kali dan duduk antara keduanya.” (HR. Bukhari no. 928)

Kita sudah mengetahui bahwa khutbah Jum’at terdapat dua kali khutbah dan imam akan duduk di antara dua khutbah tersebut.

Kita sering saksikan pula bahwa ketika imam duduk, sebagian jama’ah mengangkat tangan dan berdo’a.

Namun mungkin sebagian orang yang melakukannya tidak mengetahui dalil akan hal ini. Bagaimana tinjauan Islam, apakah mengangkat tangan seperti itu dalam rangka berdo’a benar dituntunkan?

Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman Aba Bathin rahimahullah berkata, “Do’a ketika duduk antara dua khutbah, aku tidak tahu sama sekali tentang ajaran tersebut.

Namun jangan mengingkari orang yang melakukan hal itu karena boleh jadi ia sengaja mencari waktu mustajabnya do’a di hari Jum’at.” (Rosail wa Fatawa Asy Syaikh ‘Abdullah Aba Bathin, hal. 163).

Ketika imam naik mimbar, jama’ah hendaknya diam. Oleh karena itu kami mengatakan, tidak mengapa jika seseorang berdo’a di selain waktu mendengar khutbah, namun dengan suara yang lirih dan tidak mengganggu yang lain.

Ketika itu pun tidak perlu mengangkat tangan saat berdo’a. Karena jika dilakukan seperti itu, tidak ada dalil yang mendukungnya. Bahkan perbuatan seperti menyelisihi ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Karena ada sebagian yang masih berdo’a ketika imam sudah mulai khutbah kedua. Yang tepat adalah para jama’ah hendaknya mendengar dan merenungi khutbah yang disampaikan.

Lalu ia memikirkan dan mengambil pelajaran ketika imam istirahat (di antara dua khutbah). Seringan-ringan perbuatan yang mereka lakukan termasuk bid’ah makruhah.” (Majallatul Manar, 6: 792)

Sebagian ulama ada yang membolehkan berdo’a kala imam duduk di antara dua khutbah Jum’at dan bahkan dibolehkan pula mengangkat tangan sebagaimana dikemukakan oleh Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah.

Beliau membolehkan hal ini karena waktu tersebut termasuk dalam waktu ijabahnya do’a di hari Jum’at.

Syaikh Muhammad Rosyid Ridho rahimahullah berkata, “Adapun mengangkat kedua tangan dan bersuara saat berdo’a ketika imam duduk di antara dua khutbah, aku sendiri tidak mengetahui bahwa hal itu bagian dari ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Namun tidak mengapa jika ia berdo’a dengan syarat tidak memberikan was-was pada jama’ah yang lain.

Khasiat doa rasul di antara dua khotbah

Doa rasul memang bukan di khususkan hanya di baca saat khatib duduk di antara dua khotbah,tetapi karena mengingat keutamaan doa ini maka dengan di gabungkan dengan waktu doa mustajab maka insya Allah kemustajabannya akan lebih di bandingkan waktu lain..

Doa Rasul yang tertera di bawah ini memiliki banyak khasiat bagi siapa yang suka membacanya. Di antaranya khasiat yang terdapat pada doa Rasul tersebut adalah sebagai berikut:

1. Barangsiapa yang senantiasa membaca doa Rasul,maka baginya akan mendapat keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akherat nanti.

2. Barangsiapa yang membaca doa Rasul minimal sekali,maka pahalanya menyamai dengan pahala mengeluarkan zakat enam puluh dinar,dan menyamai pula dengan pahalanya orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM
ALLAAHUMMA ANTAL AWWALU FA LAISA QABLAKA SYAI-UN WA ANTAL AKHIRU FA LAISA BA’DAKA SYAI-UN WA ANTA AALIMUL GHAIBI WA ANTA ALAA KULLI SYA-IN QADIIRUN.WA ANTA ALLAAMUL GHUYUUBI.WA ANTA ALAA KULLI SYAI-IN ALIIMUN.BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMMIIN.

Sekian dulu dari saya,semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

bagi anda yang merasa mempunyai beberapa masalah dalam kehidupan anda bisa melihat

Doa Pelindung,Doa pengasihan,doa penyembuh dan pembuka rejeki yang di berikan dengan ijazah khusus dapat anda lihat di Doa mustajab

Dengan harapan dari sekian banyak jenis doa yang saya ijazahkan secara khusus ada yang sesuai dengan masalah anda…amiin

Wasalam

Fathul ahadi

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS