Membuka Rejeki Dengan Surah Al insyirah

membuka rejeki dengan surah al insyarahPada kesempatan ini ijinkan kami berbagi sedikit tentang manfaat surah al insyarah sebagai doa untuk membuka pintu rejeki.

Para ulama tafsir mengatakan tentang surat ini; merupakan surat yang isinya kenikmatan yang besar yang Allah SWT berikan kepada nabi kita, Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam. Karena ia mendapatkan kitab yang diajak bicara langsung dengan bahasa kamu.

Sehingga seorang khalifah yang terkenal, Umar bin Abdul Aziz, ketika membaca surat ini, beliau sambungkan dengan surat Ad-dhuha tanpa membaca basmallah, tanpa dipisah oleh basmalah,

karena isinya adalah kenikmatan-kenikmatan yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam, tetapi jumhur ulama secara tawadhu diriwayatkan bawasanya: ini adalah surat yang berbeda.

Tapi isinya adalah nikmat Allah yang Allah berikan kepada Nabi. Surat Asy-syarh secara bahasa, adalah kelapangan dada, kelapangan hati, itu makna dari Asy-syarh; sesuatu yang lapang, keluasan. Surat ini termasuk surat makkiyah karena turun setelah surat Ad-dhuha, turun sebelum Nabi hijrah ke Madinah.

Kandungan surah al insyirah

Pada ayat pertama, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

Yang artinya:

bukankah telah kami lapangkan dadamu, wahai Muhammad.

Para ulama tafsir menjelaskan bahwa ini adalah istifham namun isinya ketetapan sesuatu yang sudah terjadi dan pasti terjadi, tapi dibuat menjadi istifham atau bahasa pertanyaan.

Jadi Allah telah memberikan nikmat yang sangat besar ketika Allah Ta’ala melapangkan dada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam. Menurut Imam Al-baghawi makna dari ayat ini adalah:

bukankah wahai Muhammad, kami buka dadamu, kami lapangkan dadamu, kami lembutkan hatimu dengan iman, dengan nubuwah, dengan ilmu, dengan hikmah.

Pada ayat ini Allah menghibur Nabi Muhammad dalam memperjuangkan agama islam dengan segala cobaan yang diterima karena sebagai manusia beliau juga mengalami kesedihan dan kepedihan.

Ayat yang kedua dan ketiga:

Kami gugurkan dosa-dosamu, wahai Muhammad, yang telah memberatkan punggungmu.

Dosa mempunyai efek yang akan berpengaruh kepada kita. Ketika seseorang melakukan dosa, maka dia menjadi malas beribadah, ini akibatnya jika orang sering melakukan dosa.

Lalu makna kedua dari wizrok (dosa) artinya beban dakwah rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. Jadi berdakwah itu adalah kerja yang sangat berat, makanya dalam surat Fussilat, dikatakan sebagai sesuatu yang paling baik, dan tentunya sangat sangat berat.

Beban dakwah yang beliau Shalallahu Alaihi Wasallam pikul itu sangat berat tapi kemudian Allah mudahkan.

Kemudian ayat keempat:

Dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu.

Artinya Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam dimuliakan oleh Allah Ta’ala, disebut namanya di mana-mana. Kalau bahasa ulama tafsir: fiddunya wal akhiroh; di dunia maupun di akherat, dalam kumpulan orang-orang yang mulia.

Pada Ayat ini allah memberikan pengharagaan pada Nabi Muhammad :
a) Nama Nabi Muhammad Disejajarkan dengan Allah dalam kalimat syahada
b) Nabi Muhammad menjadi suri tauladan bagi seluruh umat isla
c) seseoarang tidak dianggap beriman bila tidak beriman pada Nabi Muhammad

Ayat selanjutnya:
Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.

Ayat 5-6 : Dalam ayat ini allah memberikan motivasi pada Nabi Muhammad SAW bahwa perjuanganya pasti ada hasilnya. Terbukti pada Tahun 8 H kota Mekah ditaklukan oleh kaum muslim.

Menurut Ibnu Abbas dalam menafsirkan ayat ini Al-usr (الْعُسْر ) pertama dan kedua itu sama artinya. Kesulitan itu satu, lalu yusro, artinya kemudahan itu lebih dari satu.

Karena itu ulama tafsir mengungkapkan kesulitan yang hanya satu tidak akan mengalahkan kemudahan yang lebih dari satu. Artinya dalam sunnah kehidupan kita, setiap kesulitan pasti bersamanya ada kemudahan. Ini janji Allah kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.

Kemudian ayat ke tujuh:
Kalau engkau selesai satu urusan ya Muhammad, maka lakukan urusan yang lain.

Allah memerintahkan agar setelah selesai satu urusan tidaklah berdiam diri, melainkan untuk segera melakukan kegiatan lain secara bersungguh-sungguh.

Ada yang mengatakan, jika selesai urusan dunia, maka lakukan urusan akherat. Artinya seorang muslim harus hidup dengan serius, dengan penuh keseriusan, karena dunia ini bukan untuk main-main. Jadi tidak ada kata yang namanya istirahat.

Ayat terakhir:
Dan kepada Rabmu ya Muhammad, maka berharaplah.

Allah menjelaskan bahwa keberhasilan usaha terletak pada keridaan Allah, untuk itu kita diharuskan memohon dan besandar pada Allah dan hanya Allah tempat kita berharap.

Artinya dalam urusan-urusan kita tentunya banyak halangan, rintangan, maka berharaplah kepada Allah SWT serahkan Allah SWT, Allah yang maha membantu, Allah yang maha memudahkan.

Beberapa manfaat dari surah al insyirah

Ada banyak kegunaan dan manfaat Surat Al-Insyiraah bagi kita yang mengamalkannya yaitu:

1.Siapa pun yang ingin berhajat sesuatu yang besar, misalnya ingin jadi Kepala Desa, Bupati atau ingin meraih jabatan apapun, baca Surah Al-Insyiraah 700 kali atau 1000 kali setiap hari, maka hajatnya akan sukses dan ia akan mendapatkan apa yang diinginkan.

2.Bila ada orang yang merasa sedih karena kehilangan kekasih atau ditinggal mati orang-orang terdekatnya, maka cara menyembuhkannya sebagai berikut: tulis Surah Al-Insyiraah pada piring masukkan air mawar kemudian minumkan padanya.

3.Surah Al-Insyiraah juga bisa menjadi benteng pertahanan dari sakit-sakitan dengan cara sebagai berikut: Ambillah seurat benang dari kulit kayu dan bacakan Surah Al-Insyiraah. Tiap-tiap membaca huruf “Kaf”, simpulkan benang itu sekali, hingga tujuh kali simpul saja kemudian hentikan. Ikatkan benang itu ke tangan orang yang sakit-sakitan pada pergelangannya di sebelah kiri.

4. Menghilangkan dukacita, kesusahan dan putus asa bila diwirid usai sholat fardhu. Selain itu, wirid rutin surat ini akan meluaskan rezeki yang halal dan mendatangkan barokah-NYA. Pikiran kita akan terbuka dan sifat malas akan hilang.

5.Manfaat lain surat ini, bagi mereka yang selama ini belum mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginan, bisa diamalkan sebagai berikut: Sembahyang sunat dua rakaat. Pada tiap-tiap rakaat baca Surah Al-Fatihah dan surat (silahkan membaca surat apa saja).

Selesai sembahyang, duduk menghadap kiblat dengan tetap bersungguh-sungguh memohon pada-NYA kemudian baca Surah Al-Insyiraah sebanyak bilangan hurufnya. Sesudah membaca Surah Al-Insyiraah, ajukan doa agar apa yang diinginkan terkabul atas ijin Allah SWT.

Membuka rejeki dengan surah al insyirah

Surah al insyarah di kenal juga dengan surah yang mempunyai manfaat untuk membuka rejeki dan mempermudah urusan,ada beberapa cara pengamalan untuk itu antara lain :

1. Bila Surah Al-Insyiraah dibaca sebanyak 40 kali pada tiap-tiap lepas sholat fardhu selama tujuh hari berturut-turut, Allah SWT akan membuka pintu rezekinya dengan jalan yang tidak disangka-sangka.

2. Dengan menggabungkan pengamalannya bersama surah surah lain :

-Shalat Hajat 2 Rakaat dilakukan setelah jam dua belas malam ( yakni antara jam 12 – 3 pagi).
-Bacalah surah Al-Fatihah sebanyak 99x atau semampu anda (seikhlasnya).
-Bacalah surah Al-Ikhlas sebanyak 21x atau semampu anda (seikhlasnya).
-Bacalah surah Al-Insyirah ( Alam Nasrah ) 17x atau semampu anda (seikhlasnya).
-Bacalah kalimat berikut : ” Yaa Hayyuu Yaa Qayyum birahmatika Yaa Arhamarrahimin ” 21x atau semampu anda (seikhlasnya).
-Selanjutnya dilanjutkan dengan berdoa dalam memohon rezeki kepada Allah SWT (terserah anda memakai bahasa apapun sesuai yang kita mengerti dan pahami). Setelah selesai berdoa,
-Kemudian melakukan shatat sunnah tahajud 2 rakaat dan di tutup dengan sholat witir 3 rakaat.

Lakukanlah amalan tersebut dengan rutin dan bersungguh-sungguh dengan mengharapkan ridho dari Allah SWT, semoga beban masalah dalam hidup kita segera diringankan oleh Allah SWT.

Sekian dulu dari saya semoga amaliah amaliah tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua..aamiin.

Wasalam

Fathul ahadi

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS